5 Faktor Penyebab Penuaan Dini

penyebab penuaan dini

Pada zaman yang sekarang ini, sangat banyak sekali terlihat yang terlihat sangat tua padahal usianya masih sangat muda dan bagi anda yang ingin terhindar dari penuaan dini, maka anda perlu mengetahui penyebab penuaan dini agar anda anda menghindari hal-hal yang menjadi sumber penyebab terjadinya penuaan dini pada tubuh kita.

Tanda-tanda Penuaan Dini

 

A. Rambut mulai memutih

Tanda atau gejala penuaan dini adalah mulai danya tumbuh rambut yang berwarna putih. Namun, jangan sampai mengira rambut yang dicat sama dengan rambut yang putih karena penuaan dini.

B. Kulit keriput

Tanda penuaan dini yang lainnya adalah timbulnya kulit keriput diwajah dan juga dibagian tubuh lainnya. Keriput akan membuat anda terlihat anda sangat tua.

C. Warna kulit kusam

Warna kulit yang kusam adalah gejala tanda-tanda terjadinya penuaan dini yang membuat anda tidak lagi terlihat menarik.

D. Mudah capai

Yang terakhir adalah menjadi cepat mudah capai.

Jika anda mulai merasakan tanda-tanda yang kami sebutkan diatas, berarti anda kemungkinan mengalami penuaan dini. Namun, tanda-tanda tersebut terjadi pada anda pada saat usia anda masih sangat muda, apabila sudah tau, berarti bukan penuaan dini, tapi sudah waktunya anda mengalami hal seperti tersebut.

5 Faktor Penyebab Penuaan Dini

1. Polusi Udara

Penyebab penuaan dini yang pertama adalah karena polusi udara yang sangat mengotori lingkungan. Polusi udara dikarekan banyaknya jumlah kendaraan yang menyebabkan udara menjadi tidak sehat atau dikotori oleh asap kendaraan. Udara asap kendaraan bermotor tentu sangat tidak sehat dan juga memiliki efek negatif untuk dan salah satu efek negatifnya adalah penuaan dini.

2. Merokok

Merokok adalah suatu yang tidak baik untuk kesehatan untuk tubuh. Saya kira semuanya sepakat dengan statement tersebut, bahkan di bungkus rokokpun sudah tertera apa saja bahaya dari merokok. Namun yang menjadi penyebab perokok tetap merokok adalah karena sudah ketagihan dan juga efek negatif rokok tidak terjadi pada saat itu juga, namun akan terlihat setelah beberapa tahun lamanya.

3. Makanan serba instan

Pada zama yang sekarang dengan berkembangnya teknologi maka banyak sekali makanan yang sekarang ini serba instan seperti junk food dan yang lainnya yang mengandung bahan pengawet agar makanan tersebut tetap awet dalam beberapa hari. Tentu saja makanan serba instan ini sangat tidak baik untuk kesehatan dan terutama menjadi sumber penyebab utama terjadinya penuaan dini.

4. Sinar Matahari

penyebab penuaan dini

Penyebab lainnya adalah karena efek terkena sinar matahari. Namun, wajib anda ketahui matahari yang baik masih bisa anda dapatkan pada waktu pagi hari yang mana masih bebas dari polusi udara dan juga belum terlalu panas. Namun jika matahari yang sudah melewati jam 9 pagi, maka bisa dikatakan matahari tersebut menjadi penyebab penuaan dini karena terlalu panasnya sinar ultraviolet yang dipancarkan sinar matahari.

5. Jarang minum air putih

Penyebab penuaan dini yang terakhir adalah karena jarang mengkonsusmi air putih Perlu anda ketahui, jangan minum air putih saat anda haus saja, karena menurut dokter, saran terbaik minum air putih dalam sehari adalah 12 gelas. Anda akan mendapatkan manfaat air putih apabila anda konsumsinya secara rutin.  Oleh karena itu untuk membantu tubuh anda melacarkan sistem peredaran darah dalam tubuh, maka anda wajib konsumsi air putih 12 gelas dalam sehari.

Itulah lima penyebab penuaan dini yang sekarang setelah anda membaca sampai disini berarti anda sudah mengetahuinya sama seperti saya. Jika anda melakukan pencegahan pada penyebab penuaan dini siatas, maka memiliki kulit yang kencang, lembut dan juga cerah bisa anda dapatkan sehingga anda akan terlihat awet muda alami. Bukan hanya dengan pencegahan tentunya, anda bisa menerapkan pola hidup yang sehat agar tubuh anda tetap sehat dan juga bugar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *