9 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas Khusus Pemula

Mobil adalah kendaraan yang sudah termaksud mewah dijaman sekarang ini banyak orang yang berpergian dan menjalankan usahanya mengunakan mobil, dikarenakan sekarang ini banyak mobil murah sehingga orang atau masyarakat lebih aman berpergian menggunakan mobil, namun sayang bagi seorang karyawan dengan penghasilan pas2an hal tersebut sangatlah berat bagi mereka, jadi bagi anda dengan uang pas2an dan ingin membeli mobil, anda bisa mensiasati masalah keuangan ini dengan mencari dan membeli mobil bekas.

Jika anda mendengar kata mobil bekas, dibenak pikiran anda pasti sudah jelas bahwa mobil tersebut kualitas nya sudah jelek, secara akal sehat anda berpikir mana mungkin pemilik menjualnya jika mobil tersebut sehat dan masih bagus, gak semua mobil bekas seperti itu loh,, seperti pengalaman saya, saya juga pernah membeli mobil bekas, dengan kualitas bagus juga kok dan mobil
yang saya pake sekarang ini masih aman-aman saja, tetapi ada tetapi nya, saya membeli nya dengan orang yang saya kenal betul jadi sudah tau mobil tersebut memang berkualitas atau memang tidak.

Jadi anda jangan berpikiran dulu, yah ente bisalah membeli mobil dengan kenalan jadi kalau gak ada kenalan gimana?? nah pertanyaan cocok sekali sekarang ini mobil bekas juga banyak dijual dipasaran dan tentunya juga tidak seburuk yang anda pikirkan saya akan memberikan beberapa tips menurut pengalaman ane dalam membeli mobil bekas yang bagus dan berkualias.

1. Tempat Jual Mobil lewat Online maupun Offline
Hal pertama yang harus anda pantau adalah tempat penjualan mobil showroom yang anda singgahin apakah itu showroom atau semi showroom (jual mobil di depan jalanan atau di depan rumah) pernah anda nampak tentunya di jalan raya di tempel dijual mobil, sebenarnya penjualan sama saja, wong kita cuma mau liat kualitas mobil nya saja. anda juga bisa membeli mobil lewat jasa jasa online jika anda takut dengan jasa online sekarang ini anda bisa baca dulu tips aman belanja online artikel saya sebelumnya.

2. Beli Mobil Dari Orang Kenal atau Pertama
Orang pertama menjadi acuan nilai plus dikarenakan anda bisa melihat bahwa mobil yang dipake atau digunakan dalam kondisi bagus dikarenakan hanya dipake oleh satu orang, bisa anda bayangkan mobil bekas yang dipake oleh 10 orang daripada digunakan oleh 1 orang, tentunya kualitas digunakan 1 orang lebih bagus.

Membeli dari showroom memang memberikan banyak pilihan, namun Anda tidak bisa mendapatkan data tentang latar belakang mobil langsung dari pemiliknya.

Tidak hanya itu, membeli langsung dari pemilik membuat harganya lebih murah daripada anda membeli lewat agen atau lewat dari showroom. Dalam hal ini, pembeli dan penjual bertransaksi langsung tanpa ada pembagian ke pihak ketiga seperti makelar ataupun showroom.

3. Cari Tau Asal Usul Mobil

Latar belakang mobil menjadi hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli mobil tersebut. bila Anda berjumpa dengan pemilik mobil secara langsung, ini akan mempermudah Anda langsung bertanya tentang latar belakang mobil yang akan anda beli nantinya.

Pertanyaan yang anda ajukan kepada si penjual mobil sebagai berikut:

Kapan kamu membeli mobil ini?
Seringkah Anda menyetir mobil ini?
Dimana rute terjauh yang pernah ditempuh?
apakah masih ada orang lain yang memakai mobil ini? seperti anak atau istri atau ayah.
Apakah mobil ini pernah mengalami kecelakaan?
Berapa kali sepanjang tahun Anda melakukkan service berkala?
Apakah suku cadang tertentu pernah ditukar? Kapan dan mengapa?
Kenapa kamu jual mobil ini?
jika Anda memiliki pertanyaan yang menurut Anda kurang dan ingin anda tanyakan selain pertanyaan diatas anda bisa bertanya lagi
sebagai tambahan pengetahuan anda. sehabis mendapatkan jawaban atas pertanyaan Anda, mulailah mengecek mobil.

4. Eksterior Mobil (Body mobil)
Setelah anda menemukan mobil yang ingin anda beli anda harus mengecek bagian luar mobil, anda lihat terlebih dahulu bagian body mobil, apakah ada goresan atau rusak pada bodi mopbil yang akan anda beli nanti, cat mobil tersebut apakah sudah di cat ulang atau masih orignal dari pabrikan. serta lampu mobil apakah masih menyala atau sudah pecah, serta ke empat ban mobil tersebut apakah sudah aus, serta masuk kedalam kolong mobil untuk melihat ada karatan atau sudah keropos.

5. Kualitas Mesin Mobil
Tips Ketiga ini adalah tips yang perlu anda cermati dan teliti sekaligus paling penting cek kualitas mesin, hidupkan mesin mobil anda biarkan kira2 20 menit mesin menyala menjadi panas, setelah itu dengar suara mesin jika terdengar halus dan tidak kasar mobil masih bagus dan apabila suara mesin kasar maka anda harus berpikir 3x untuk membelinya, starter mobil juga pengaruh terhadap mesin jika memang susah distarter mobil tersebut bermasalah serta bawalah si penjual untuk tes driver biar dia juga merasakan kualitas mobil nya, hal yang perlu di tes dalam tes driver adalah bolak balik mengoper gigi serta berjalan lurus dengan kecepatan tinggi kemudian anda melewati jalan bebatuan agar bisa melihat kaki kaki mobil apakah masih bagus atau tidak.

Apabila Anda mengerem pada kecepatan 50 kilometer/jam, mestinya tidak ada getaran pada pedal rem ataupun suara melengking. bila demikian terjadi, Anda harus menghentikan pembelian mobil ini kecuali bila Anda menegosiasikan harga yang sesuai sebagai biaya perbaikan rem.

6. Aksesoris dan Interior (Bagian Dalam Mobil)
Sesudah mengecek bodi dan mesin, masuk ke mobil. cek kursi serta hidupkan mesin dan nyalakan AC sebagai memandang apakah sudah bekerja dengan baik.

setelah itu cek kilometer mobil sebagai panduan jarak tempuh apakah sudah tempuh perjalanan jauh yang bisa mengakibatnya mobil tersebut sudah capek alias banyak digunakan. Kondisi mobil yang bagus merupakan memiliki jarak tempuh yang wajar, tidak sangat banyak ataupun sedikit. Dalam kondisi wajar, pengemudi rata-rata akan menempuh jarak 16. 000 sampai 24. 000 kilometer dalam setahun jadi tinggal anda kalikan saja sudah berapa tahun mobilnya.

Hal lain yang harus Anda lakukan merupakan mengecek kembali semua lampu bekerja dengan benar, termaksud perlengkapan lain seperti radio, CD, TV, sensor, dan parkir kamera (bila ada).

7. Perkakas Mobil
Sesudah pengecekan dalam bagian mobil, Anda bisa memohon perlengkapan (tool kit) seperti obeng dan kunci yang tercantum dalam penjualan mobil bekas jika barang tersebut hilang anda bisa negosiasi lagi harga mobil sehingga anda bisa membeli baru dikemudian hari

Perlengkapan ini sangat bermanfaat sebagai perlengkapan inventaris dalam keadaan darurat, seperti mogok di jalan.

8. Asuransi Mobil
Selanjutnya, Anda harus tanyakan apakah mobil tersebut ada masuk asuransi atau tidak. Tentu akan menjadi nilai tambah bagi Anda jika mobil tersebut telah diasuransikan.

Mintalah pemiliknya menunjukkan kartu atau dokumen resmi yang menyatakan bahwa mobil tersebut diasuransikan. Proses di balik nama bisa dilakukan asalkan dokumen dan suratnya baru saja dibuat dan lengkap tentunya.

Jadi, sebelum melakukan pembayaran, Anda harus melengkapi diri dengan surat dan dokumen yang lengkap dan legal (disegel). Selain itu, mintalah salinan penjual mobil Anda sebagai arsip Anda.

9. Periksa Fitting Lisensi Kendaraan

Hal lain yang harus Anda lakukan adalah mengecek semua kelengkapan surat kendaraan seperti Pemilik Buku Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Nomor Registrasi Kendaraan (STNK).

Periksa keaslian cap dan tanda tangan persetujuan BPKB dan registrasi kendaraan. Halaman pengesahan dilengkapi dengan hologram yang dapat dengan mudah diperiksa di bawah sinar matahari.

Kemudian cek Noka ( nomor rangka) dan Nosi (nomor resi) yang ada di dalam kap mesin. Pastikan jumlahnya sama dengan yang tercantum di BPKB dan STNK.

Meski semua nomornya sama, Anda tetap harus pergi ke kantor Samsat untuk mengetahui keaslian dokumen tersebut. Jika dokumen asli tidak dapat dibawa, Anda dapat meminta lembar fotokopi untuk diperiksa di kantor Samsat.

Dengan mengetahui tip-tip diatas, Anda sudah melengkapi diri dengan pengetahuan sebelum memilih mobil bekas yang berkualitas. Ingat, jangan tergoda mobil bekas dengan harga yang terbanting murah karena beresiko tinggi nantinya.

Selain harga yang sesuai, keamanan dan kenyamanan harus menjadi prioritas Anda. Selamat memilih!