Sistem Informasi Candi Borobudur Berbasis Android Telah Diluncurkan

Apps Candi Borobudur – Untuk membantu memberikan informasi mengenai Candi Borobudur kepada wisatawan, pihak pengelola wisata Candi Borobudur membuat program Borobudurpedia.

Sistem Informasi Candi Borobudur Berbasis Android Telah Diluncurkan
Sistem Informasi Candi Borobudur Berbasis Android Telah Diluncurkan (Sumber: viva.co.id)

Informasi yang lebih jelas mengenai salah satu warisan adat-istiadat dunia UNESCO itu didapatkan oleh program yang bisa diunduh lewat Android ini bakal membantu Anda.

“Sekarang di dunia maya, Facebook, medsos banyak tulisan tentang Candi Borobudur. Tetapi kadang kala sebab yang menulis itu dari persepsi sendiri, lalu ada informasi yang sesungguhnya tak sesuai dengan Candi Borobudur,” kata Kepala Balai Perlindungan Candi Borobudur, Marsis Sutopo, saat ditemui di Museum Nasional Jakarta.

Oleh karena itu, dia melanjutkan, balai perlindungan sebagai pengelola Candi Borobudur membuat program tersebut, sehingga masyarakat bisa melihat Borobudur dari berbagai sisi.

Tidak cuma memberikan informasi secara benar dan jelas seputar candi, aplikasi ini pun akan memuat kamus istilah mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Candi Borobudur.

“Kami menyusun Candi Borobudur secara alfabetis A-Z. Seperti A tersebut Arca, tersebut apa yang di Borobudur, Amitabha itu apa. Istilah yang berkaitan dengan Borobudur,” tandasnya.

Tak cuma itu, program yang mirip dengan wikipedia ini pun akan mengikutsertakan pembacanya untuk aktif memberikan informasi atau masukan kepada program ini. Ke depannya situs tersebut bukan sebagai informasi statis, tetapi pengguna pun bisa menambahkan informasi menarik di sana.

“Nama Anda bakal sebagai kontributor. Borobudurpedia itu informasi dengan,” tandasnya.

Borobudur sebagai salah satu dari 10 destinasi prioritas sudah ditetapkan oleh pemerintah. Pemerintah menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) 2 juta orang ke Candi Borobudur di 2019.

Persiapan pun dilakukan pemerintah untuk menarik lebih tidak sedikit para wisman. salah satunya membangun bandara internasional Kulon Progo, Yogyakarta.

“Candi Borobudur ditargetkan bakal dikunjungi wisman sebanyak dua juta hingga 2019. Ini mungkin terjadi mengingat hingga sekarang, jumlah kunjungan wisman ke Angkor Wat sudah mencapai dua koma lima juta,” kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, baru-baru ini.

Peraturan presiden mengenai pembentukan Badan Otorita Candi Borobudur telah diterbitkan oleh presiden Joko Widodo pun. Selama ini candi Borobudur merupakan destinasi tunggal, badan ini nantinya yang akan mengelola Candi Borobudur secara terintegrasi mengingat

Sejak tahun lalu, pembentukan ini sebagai usaha mewujudkan Candi Borobudur sebagai destinasi utama bertaraf internasional sebagaimana sudah ditetapkan Presiden Usai di akhir 2018 atau 2019, dan akan

Selain tersebut, pihaknya juga telah menyelesaikan rencana induk untuk Borobudur, Dieng, Sangiran, dan Karimun Jawa. Bobudur akan menjadi ikon untuk 3 kota, yaitu Yogyakarta, Solo, dan Magelang.

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan memicu para startup di Jogja untuk membuat aplikasi tempat wisata di Jogja. Yang tentunya akan sangat bermanfaat, bagi pengguna dan wisatawan untuk mendapat informasi lebih akurat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *