Bahaya Kanker Lidah Serta Pencegahan

pencegahan kanker lidahKanker Lidah ataupun biasa nya disebut kanker mulut merupakan tumor ganas yang terjalin pada lidah saat perkembangan sel-sel lidah menjadi tak terkendali. seperti salah satu korban yang merenggut nyawa Andre Kurnia Farid, sering kali tak dikenali. Oral Cancer Foundation menyatakan, banyak pengidap kanker lidah, mulut, dan tenggorokan tidak menyadari penyakitnya sampai masuk stadium 4.

Gejalah terbentuknya kanker lidah apabila saat sel di dalam bagian mulut yang mengalami mutasi dalam DNA-nya. Mutasi ataupun pergantian DNA ini membolehkan sel kanker sebagai berkembang dan membelah diri saat sel-sel yang sehat akan mati. Sel-sel yang mati dan membentuk sel kanker selanjutnya menumpuk di dalam mulut menjadi tumor. Dari waktu ke waktu, tumor ini bisa menyebar ke bagian lain dalam mulut terlebih lagi sampai dengan ke kepala, leher dan bagian tubuh yang lain. Pada awal mulanya kanker yang timbul masih berbentuk pipih dan kecil sampai-sampai mungkin saja sebagai dideteksi dengan kasat mata masih susah. Namun bersamaan pertumbuhannya, kanker juga akan mudah mampu diketahui terlebih lagi oleh orang awam.

Salah satu bentuk bintik merupakan kombinasi bercorak merah dan putih erythroleukoplakia. Wujudnya seperti gambar di bawah. bila menjumpai bintik itu dan bertahan dalam waktu lama, Anda perlu lekas ke dokter sebagai konsultasi. Jangan menunggu sakit timbul karena awal kanker mulut biasanya tak diiringi perih.

kanker lidah

Bentuk gejala lain bisa berbentuk ruam bercorak merah, disebut erythroplakia. Penampakannya seperti gambar di bawah ini. 70-90 persen permasalahan erythroplakia berkembang menjadi kanker sampai-sampai semua harus waspada bila memilikinya.

Leukoplakia ataupun kerastosis merupakan bentuk ciri kanker mulut yang lain. Wujudnya merupakan bintik putih pada bibir, langit-langit mulut, gusi, ataupun lidah. Dalam banyak permasalahan, leukoplakia tak selalu berkembang jadi kanker namun perlu diwaspadai.

Gejala awal yang lain merupakan luka pada lidah seperti pada gambar di bawah ini. Biasanya, luka timbul pada bagian bawah lidah meski bisa juga berkembang pada bagian gusi. Bagi siapa juga, perlu sebagai mengecek secara mandiri ada tidaknya luka ini.

gejalah kanker lidah

bila mengalami sakit pada bagian mulut, belum tentu itu bisa berkembang jadi kanker. semisal canker sore. bintik mirip luka yang cekung di bagian tengah dan diiringi kerasa sakit ini biasanya tidak berkembang menjadi kanker.

Gejala kanker lidah sangat mirip dengan gejala kanker mulut yang lain. Gejala yang paling kerap timbul ialah adanya ulkus ataupun luka pada lidah seperti sariawan, namun tak sembuh sembuh meski sudah diatasi.

Gejala kanker lidah yang lain, antara lain:

– Lidah merasa perih berkelanjutan yang biasanya sampai merasa pada rahang
– Adanya tonjolan ataupun penebalan di lidah dan dalam rongga mulut yang lain Lidah mudah berdarah
– Adanya bintik (patch) bercorak putih ataupun merah pada lidah, gusi, tonsil, ataupun susunan mulut yang lain.
– Sakit tenggorokan ataupun perasaan bahwa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan yang tidak lenyap ataupun menetap.
– Lidah mati kerasa dan susah digerakkan
– Kesulitan menelan ataupun mengunyah
– Kesulitan menggerakkan rahang ataupun lidah.

 

Cara menghindari Kanker Lidah

meski belum ada cara yang betul-betul teruji sebagai menghindari kanker lidah, tidak ada salahnya sebagai berupaya bermacam langkah berikut ini, guna menghindarkan diri dari penyakit berbahaya seperti kanker lidah:

1. Jangan merokok dan jangan mulai merokok. bila anda seorang perokok aktif, mulai sekarang anda hendaknya menyudahi merokok. Rokok bisa menimbulkan penyakit kanker tercantum kanker lidah. Tembakau di dalam rokok mengandung zat – zat kimia berbahaya yang bisa menimbulkan kanker.

2. jauhi komsumsi minuman beralkohol. kerap komsumsi minuman beralkohol bisa merangsang sel – sel di dalam mulut dan tingkatkan risiko kanker.

3. memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur. bermacam vit dan antioksidan di dalam buah dan sayur bisa membantu kurangi risiko terkena kanker mulut tercantum kanker lidah. Dan, komsumsi buah dan sayur juga bisa tingkatkan kesehatan secara menyeluruh.

4. Ke dokter gigi secara tertib. Memeriksakan diri ke dokter gigi secara teratur bisa membantu sebagai menghindari tumbuhnya sel – sel kanker di dalam mulut. Saat memeriksakan diri ke dokter, memohon juga dokter anda sebagai mengecek seluruh bagian mulut sebagai mengestimasi jikalau ada zona di dalam mulut yang mungkin terkena kanker.

Namun, Anda perlu mencermati periode luka tersebut. bila bertahan lebih dari 2 minggu, Anda perlu mencurigainya. Bisa jadi itu bukan kanker namun luka tipe lain yang adalah isyarat awal peningkatan kanker mulut.

cerita Andre Kurnia Farid bisa jadi pelajaran. Jangan sampai mengalami kanker mulut saat sudah stadium akhir. sebagai mempermudah deteksi awal, kunjungan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali penting. Jangan anggap ini pemborosan.