Cara Tepat Dalam Proses Jual Rumah

Sekarang ini jual rumah sudah sangat mudah karena Anda dapat memakai berbagai perantara yang bisa digunakan. Tentunya dalam proses menjual maka ada beberapa cara yang harus dilakukan supaya transaksi tersebut dapat dilakukan dengan cara yang benar.

Cara tepat dalam proses jual rumah

Sehingga pembeli juga akan percaya. Maka dengan begitu penjualan tersebut dapat terlaksana dengan cepat tetapi juga tepat.

Dalam proses jual rumah maka hal-hal yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Tunjukkan surat penting yang berkaitan dengan rumah yang hendak Anda jual. Seperti sertifikat rumah, bukti atau kuitansi pembayaran rumah dan tanah (PBB), blueprint rumah dan juga akta proses jual beli.

Hal tersebut tentunya digunakan untuk membuat pembeli akan merasa percaya sehingga akan membuat proses jual rumah tersebut dapat berjalan lancar.

  1. Apabila pembeli sudah bersepakat untuk membeli rumah tersebut maka langkah selanjutnya adalah Anda dapat meminta uang muka atau uang DP.

Namun, uang muka tersebut tidak ditentukan berapa besarnya. Catat dalam kuitansi sebagai bukti pembayaran jual rumah tersebut.

  1. Selanjutnya adalah menghubungi pihak notaris yang telah Anda percayai untuk mengurus Akta Jual Beli tersebut dan biaya untuk notaris tersebut biasanya ditanggung oleh pihak pembeli.
  2. Setelah itu, berikan surat-surat penting yang berkaitan dengan rumah yang hendak dijual kepada notaries tersebut. selain itu juga berikan fotokopi kartu keluarga dan KTP penjual sebagai syaratnya.
  3. Surat-surat tersebut nantinya akan dibawa ke pihak BPN atau Badan Pertanahan Nasional. Disini surat yang Anda miliki akan dicek keasliannya agar pembeli akan lebih percaya dengan keaslian surat tersebut. setelah proses ini selesai maka selanjutnya notaris akan membuat jadwal untuk mempertemukan penjual dan pembeli untuk melakukan tanda tangan beserta saksi-saksi yang telah dipersiapkan.
  4. Setelah melakukan penandatanganan maka pihak pembeli wajib untuk melunasi biaya dari harga jual rumah yang telah disepakati. Kemudian penjual juga menyerahkan surat-surat penting kepada pembeli.
  5. Setelah kepemilikan rumah berpindah tangan maka pembeli hanya perlu melakukan balik nama kepemilikan dengan mendatangi pihak BPN dengan melampirkan data pribadi pemilik sebelum dan pembeli tersebut. maka pembeli hanya tinggal menunggu surat rumah tersebut diproses dan jadi.

Itulah beberapa langkah yang ditempuh untuk melakukan proses jual rumah yang benar dan juga sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan sehingga tidak melanggar hukum. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat bagi Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *