Doa Mustajab Bagai Seorang Musafir

Musafir adalah seorang yang sedang berpergian, dan ia adalah seseorang yang telah dijamin bahwa doanya adalah mustajab sebagaimana kita ketahui bahwa Nabi pernah bersabda bahwa orang yang berpergian adalah doanya mustajab.

Dan untuk haditsnya adalah sebagai berikut:

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Ada tiga do’a mustajab yang tidak diragukan lagi, yaitu do’a orang yang teraniaya, do’a musafir, dan do’a orang tua untuk anaknya”

(HR. Tirmidzi, dll. Dinilai hasan oleh Al-Albani)

Nah dari hadits itu sudah jelas bahwa kita harus memperbanyak doa ketika  kita bepergian, daripada kita mendengarkan lagu sepanjang jalan lebih baik kita perbanyak doa.

Untuk doanya sendiri sesuaikan dengan apa yang Anda butuhkan, karena Allah itu Maha Tau atas segala kebutuhan makhluk-Nya.

Dan waktu untuk berdoa juga beragam ada sebuah sholat yang dimana sholat ini adalah untuk bepergian, yaitu dengan cara sholat 2 rakaat lalu berpergian.

Nah karena kita membahas mengenai doa, jadi dikapanpun kita bepergian maka disitulah doa kita mustajab, entah itu dipom bensin, di jalan tol, dijalan raya, atau dimanapun hendaknya kita perbanyak doa.

Bisa doa untuk kebaikan dunia akhirat kita, bisa doa untuk anak-anak kita, istri kita, orang tua kita bahkan mendoakan kebaikan bagi kaum muslimin dan muslimat.

Mengapa doa orang yang berpergian itu mustajab, karena memang orang yang lagi berpergian hanya mengandalkan Allah saja, dia keluar rumah dengan iklash untuk menuju tempat yang dia inginkan (asalkan tempatnya baik ya).

Seperti gini, dia pergi untuk bekerja dan mencari nafkah untuk keluarganya, maka ia berdoa “Ya Allah semoga jalan ini Engkau ridhai”, maka disaat itulah doa itu mustajab, dan syukur-syukur di kabulkan oleh Allah.

Jadi mumpung kita sudah tau ilmu tentang doa mustajab bagi seorang yang berpergian, jangan lewatkan kesempatan emas ini, karena kesempatan emas itu sangat mahal.

Nah demikian kumpulan doa islam yang mustajab, semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua ya, sampai jumpa dan terimakasih.