Daftar Harga Emas 1 Mayam Hari Ini Terbaru

Harga Emas 1 Mayam  – Taukah anda, Emas biasanya dihitung dengan unit gram . Hal tersebut berlaku di beberapa besar kalangan masyarakat ataupun orang-orang Indonesia. Akan tetapi tiap-tiap negara sebenernya mempunyai unit berat emas yang tidak sama. Tidak semua nya menggunakan satuan gram dalam kadar emas.

harga emas 1 mayam
harga emas 1 mayam

Di bawah ini unit berat yang seringkali dipakai diantaranya :

  1. Gram
    Unit gram yaitu unit internasional yang paling umum dipakai di semua dunia, termasuk juga di Indonesia.
  2. Troy Ounce
    Umumnya unit ini dipakai di negara-negara barat seperti di Amerika, Inggris, serta Australia. Unit ini kerapkali kita dengar waktu kita melihat berita-berita emas didunia.
  3. Tola
    Unit berat ini banyak dipakai di negara-negara Timur Tengah serta negara India.
  4. Tael
    Unit ini dipakai di negara-negara Asia Timur seperti negara Hong Kong serta Taiwan
  5. Baht
    Unit berat emas ini cuma dipakai di satu negara yaitu Thailand
  6. Chi
    Unit emas ini dipakai oleh negara Vietnam
  7. Don
    Unit berat emas ini dipakai di negara Korea Selatan. Tetapi pemerintah negara Korea Selatan mengambil keputusan strandar perdagangan dengan memakai gram jadi satuannya.
  8. Mesghal
    Negara yang memakai unit emas ini yaitu Iran.

Di Indonesia, walau unit yang resmi dipakai yaitu gram, di daerah Sumatera Barat orang-orangnya mempunyai unit sendiri dalam perdagangan emasnya. Mayam yaitu unit emas yang dipakai di daerah itu, juga daerah sekitaran yang dipengaruhi oleh budaya Minangkabau yang lain. Menurut toko emas di daerah Bukittinggi, 1 mayam sama dengan 2, 5 gram emas. Unit ini berlaku untuk semuanya kadar emas baik itu kadar 24 karat, 20 karat, atau 18 karat, juga baik yang berbentuk perhiasan murni tanpa ada batu mulia maupun kepingan emas murni saja. Beda Bukittinggi, beda juga Banda Aceh. Di Banda Aceh sendiri 1 mayam sama dengan 3, 37 gram. Dengan hal tersebut, tak ada hitungan tentu yang sama dengan 1 mayam emas.

Harga Emas 1 Mayam Hari Iniharga emas 1 mayam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Oleh karenanya harga emas di Banda Aceh lebih mahal dari harga emas terkini biasanya. Harga emas satu mayam, dengan asumsi 1 mayam sama juga dengan 2, 5 gram, sama juga dengan 1, 6 juta rupiah. Unit mayam ini dipakai bukan sekedar dalam jual beli saja, namun juga dalam soal yang lain umpamanya pernikahan. Dalam kebiasaan Aceh, emas jadi satu diantara prasyarat mas kawin dalam pernikahan. Hitungan mahar emas juga memakai mayam. Kisaran mahar yang umum di Aceh dari mulai tiga sampai dua puluh lima mayam. Angka itu bukanlah patokan yang tentu, karna besaran mahar yang disuruh tergantung mempelai wanita yang juga akan dinikahi. Bila gadis yang akan dinikahi memohon mahar sebesar 10 mayam, jadi uang yang perlu disediakan sebesar 16 juta sampai 18 juta rupiah, bila harga emas 1 mayam sebesar 1, 6 juta sampai 1, 8 juta rupiah. Walau mayam telah dipakai mulai sejak jaman dahulu tetapi tidak di ketahui histori penggunaan istilah itu, atau darimana asal arti itu.

Unit mayam yang dipakai di Aceh buat harga emas di Aceh melambung tinggi. Harga paling rendah emas di Aceh yaitu 1, 6 juta rupiah per mayam. Disamping itu pada pertengahan th. 2016 saat harga emas naik, harga emas 1 mayam di Aceh menjangkau nyaris 1, 9 juta rupiah.