Manfaat Air Kelapa, Menyegarkan dan Bantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat Air Kelapa

Air kelapa memang memiliki sangat banyak penggemar di Indonesia. Bagaimana tidak, air kelapa memiliki rasa dan aroma khas serta sangat menyegarkan. Terlebih jika diolah dengan manambahkan es batu atau susu di dalamnya, tentu menjadi minuman sederhana yang sangat nikmat. Air kelapa sendiri memang dipercaya memiliki banyak manfaat, misalnya dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Air kelapa mengandung asam amino, enzim, vitamin B kompleks, vitamin C, antioksidan dan beberapa mineral seperti kalsium, besi, potasium, mangan, magnesium dan seng. Selain itu mikronutrien di dalam air kelapa juga mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jadi Anda tidak mudah terserang penyakit. Tidak sampai disitu, air kelapa juga memiliki kandungan hormon tanaman bernama sitokinin yang kaya akan anti penuaan, anti kanker dan anti trombotik.

Air kelapa juga bisa diminum saat perut sedang kosong. Dengan begini air kelapa bisa memberikan lebih banyak kekuatan untuk sistem kekebalan tubuh serta melindungi tubuh dari bakteri dan mikroorganisme lainnya. Tips kesehatan kali ini akan memberikan beberapa manfaat air kelapa yang bisa tubuh Anda dapatkan, simak artikelnya berikut ini.

  1. Menghilangkan Rasa Haus

Air kelapa bisa menjagi pilihan terbaik untuk menghilangkan rasa haus. Air kelapa memiliki kandungan elektrolit yang dapat menhidrasi tubuh. Selain itu air kelapa juga bisa membantu menangani kasus dehidrasi dan kehilangan cairan akibat muntah, keringat berlebih bahkan diare sekalipun.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Air kelapa mengandung magnesium, potasium dan vitamin C yang dapat membantu mengendalikan kadar tekanan darah tinggi. Kalium di dalamnya juga mampu menyeimbangkan efek negatif natrium serta membantu menurunkan teknanan darah. Inilah salah satu manfaat yang sangat penting yang bisa Anda peroleh dari air kelapa. Tetapi, untuk Anda yang cenderung memiliki tekanan darah rendah lebih bijaklah dalam mengonsumsi air kelapa.

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Sebagian besar sakit kepala dan migrain sebenarnya terjadi karena dipicu dehidrasi. Air kelapa dapat sangat membantu memberikan asupan elektrolit ke tubuh serta meningkatkan hidrasi. Selain itu karena kaya akan kandungan magnesium, air kelapa dapat membantu mengatasi sakit kepala yang terkait migrain. Nah inilah salah satu manfaat baik lainnya dari konsumsi air kelapa secara rutin.

  1. Membantu Menjaga Berat Badan

Untuk Anda yang sedang menjalankan program diet, coba tambahkan air kelapa ke dalam menu diet Anda. Air kelapa sangat tepat digunakan untuk menurunkan berat badan, karena ia mengandung kalori yang rendah serta sangat mudah masuk perut. Air kelapa memiliki enziom bioaktif yang dapat membantu proses pencernaan, meningkatkan metabolisme lemat serta membantu menurunkan berat badan.

Perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan semua manfaat baik air kelapa tersebut Anda harus meminumnya dalam keadaan murni. Jadi usahakan tidak menambahkan susu, sirup ataupun gula ke air kelapa yang hendak diminum. Karena murni pun rasanya akan tetap nikmat dan tentunya menyegarkan.

Sumber artikel: https://desakabut.com