Manfaat Minyak Atsiri Yang Menakjubkan

Manfaat kesehatan dari minyak esensial serai dapat dikaitkan dengan khasiatnya sebagai analgesik, antidepresan, antimikroba, antipiretik, antiseptik, zat, bakteri, nirrifatif, deodoran, diuretik, obat demam, fungisida, galaktagog, insektisida, syaraf, obat penenang, dan zat tonik.

Apa itu Minyak Atsiri Esensial?

Minyak esensial sereh diekstraksi melalui proses penyulingan uap sereh kering. Serai dikenal dengan nama ilmiah Cymbopogon citratus atau Andropogon citratus. Konstituen utama minyak atsiri adalah myrcene, sitronelal, geranyl asetat, nerol, geraniol, neral, limonene, dan citral.

manfaat minyak atsiri
manfaat minyak atsiri

Sesuai dengan namanya, serai berbau seperti lemon, tapi lebih ringan, manis, dan jauh lebih asam. Rumput ini digunakan dalam minuman yang tak terhitung jumlahnya (termasuk teh), makanan pencuci mulut, dan bentuk kreasi kuliner lainnya sebagai zat penyedap saat lemon segar tidak tersedia atau tidak boleh digunakan karena rasanya yang manjur. Ini banyak digunakan dalam resep Cina dan Thailand. Ini tumbuh dan menyebar dengan sangat cepat seperti rumput lainnya dan menghasilkan harga yang bagus di pasar, yang menjadikannya barang yang menguntungkan dan umum di pasar organik dan arus utama.

Manfaat Khasiat Minyak Atsiri Kelapa

Serai memiliki banyak manfaat kesehatan karena khasiat obatnya. Mari kita lihat secara rinci untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Meredakan Rasa Sakit
Analgesik mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Minyak atsiri sariawan membantu meringankan rasa sakit pada otot dan persendian, serta sakit gigi dan sakit kepala akibat infeksi virus seperti batuk, pilek, influenza, demam, dan berbagai radang. Ini juga membantu penyembuhan nyeri tubuh secara keseluruhan akibat aktivitas berat dan olahraga.

Mengurangi Depresi
Minyak sereh meningkatkan harga diri, kepercayaan diri, harapan, dan kekuatan mental, dan ini meningkatkan semangat dan juga memperparah depresi. Hal ini bisa sangat membantu untuk mengusir depresi karena kegagalan dalam berkarir, kehidupan pribadi, ketidakamanan, kesepian, stagnasi, kematian dalam keluarga, dan banyak alasan lainnya. Ini juga mengurangi kecemasan. Sebagai antidepresan, sereh dapat diberikan secara sistematis pada pasien dengan depresi akut yang menjalani rehabilitasi setelah syok akut. Pada dasarnya, ambillah dengan teh dan rileks.

Minyak esensial serai menghambat pertumbuhan mikroba
Serai memiliki sifat antimikroba yang membuatnya menjadi penghambat pertumbuhan mikroba dan bakteri dalam tubuh, baik secara internal maupun eksternal. Hal ini juga diketahui efektif dalam menghambat infeksi bakteri di usus besar, perut, saluran kemih, luka, sistem pernapasan, dan sistem organ lainnya, sekaligus membantu penyembuhan penyakit akibat infeksi bakteri atau mikroba seperti tifoid, keracunan makanan, penyakit kulit. , bau badan, dan malaria (disebabkan karena protozoon).

Menurunkan Demam
Antipiretik adalah agen yang menurunkan demam tinggi. Ini sangat mirip dengan obat penurun panas tapi juga efektif pada demam yang sangat tinggi. Minyak ini bisa menurunkan demam saat cenderung mencapai tingkat berbahaya. Sifat sereh ini, yang berasal dari minyak esensial, dikenal dan dimanfaatkan secara luas.

Menyembuhkan luka
Sifat antiseptik minyak sereh menjadikannya aplikasi yang baik untuk luka di luar dan di dalam rumah serta merupakan ramuan yang berguna dalam lotion dan krim antiseptik. Sifat antiseptik minyak ini tidak membiarkan potongan eksternal dan internal luka menjadi septik.

Properti Astringent
Sebuah zat membantu penghentian aliran darah oleh kontraksi pembuluh darah. Jika seseorang berdarah deras, Anda perlu memanfaatkan zat untuk mempercepat penggumpalan darah dan menghentikan aliran untuk menyelamatkan nyawa mereka. Fakta bahwa sereh adalah zat yang membantu dengan cara yang berbeda pula. Ini mempromosikan kontraksi gusi, folikel rambut, otot, kulit, dan pembuluh darah, sehingga mencegah melonggarnya dan jatuhnya gigi, rambut rontok, dan ini mengurangi aliran darah melalui pembuluh darah. Beberapa dari sifat ini bisa menyelamatkan nyawa, jadi sereh adalah zat penting.

Menghapus perut kembung
Minyak esensial sereh secara efisien dapat menangani masalah yang dialami orang dengan perut kembung berlebih. Ini tidak hanya membantu mengeluarkan gas dari usus tapi juga menghentikan pembentukan gas lebih lanjut. Lebih jauh lagi, ia menyediakan kelebihan gas ke bagian bawah yang aman dengan merelaksasi otot-otot di daerah perut.