Manfaat Teh Dandelion

Ada sejumlah manfaat kesehatan teh dandelion, termasuk kemampuannya untuk mendetoksifikasi tubuh, mengatur pencernaan, membantu upaya penurunan berat badan, mencegah kanker dan penyakit kronis, melindungi kulit dan meningkatkan kekuatan tulang, antara lain.

manfaat teh dandelion
manfaat teh dandelion

Apa itu teh dandelion?

Ketika kebanyakan orang memikirkan dandelion, lautan bunga kuning yang menyebalkan yang menyerang halaman mereka biasanya terlintas dalam pikiran mereka, tapi ada lebih banyak lagi bunga sederhana yang memenuhi mata ini. Selama ribuan tahun, dandelion juga telah digunakan dalam berbagai persiapan herbal untuk meningkatkan kesehatan. Penggunaan dandelion yang paling populer adalah pembuatan teh. Bunga dandelion bisa digunakan untuk membuat teh, sedangkan akar dandelion kaya nutrisi bisa digunakan untuk menyeduh kopi. Jika teh diseduh dengan menggunakan akar dandelion panggang, rasanya dan terlihat seperti kopi. Untuk alasan ini, ia juga dikenal sebagai kopi dandelion di beberapa tempat. Kedua minuman tersebut memiliki manfaat kesehatan yang sama dan lebih populer setiap tahunnya. Tehnya dibuat dengan mengayunkan kelopak bunga yang dipetik ke dalam air mendidih, sama seperti kebanyakan jenis teh lainnya. Kopi membutuhkan akar untuk dikeringkan, dicincang, dipanggang dan digiling sampai disuling menjadi pengganti kopi yang kuat.

Dandelion dikemas dengan nutrisi sehat, mulai dari sterol dan flavonoid hingga karotenoid, seskuiterpen, vitamin, dan mineral. Banyak senyawa organik yang kuat ini dapat memiliki efek signifikan pada tubuh, yang membuatnya menjadi pilihan umum bagi para praktisi herbal. Jadi, lain kali Anda menyiangi kebun Anda, ambil beberapa dandelion sial dan beri mereka gunanya.

Manfaat Teh Dandelion

Teh dandelion memiliki banyak manfaat kesehatan yang menakjubkan. Mari kita bahas mereka secara rinci di bawah ini.

Detoksifikasi Tubuh

Salah satu alasan pertama orang meraih teh dandelion adalah membantu detoksifikasi hati mereka dan membuat fungsi tubuh mereka kembali ke jalur semula. Pertama-tama, teh dandelion adalah diuretik yang kuat, yang akan membantu tubuh menghilangkan racun lebih cepat dan memperbaiki fungsi ginjal yang sehat. Selanjutnya, teh dandelion juga meningkatkan konsentrasi enzim detoksifikasi tertentu di hati, jadi jika Anda telah menurunkan diri, ambil secangkir teh sehat ini!

Berat Badan

Penelitian awal tentang campuran kompleks senyawa organik dalam teh dandelion telah menunjukkan bahwa ia dapat memiliki efek anti-obesitas tertentu dengan menekan berbagai enzim metabolisme lemak, mencegahnya untuk mengambil lemak itu ke dalam tubuh. Di atas ini, efek diuretik dari teh ini akan membantu menghilangkan bobot air dan kembung, yang bisa membuat frustrasi bagi siapa saja yang mencoba menurunkan berat badan.

Mencegah Penyakit Kronis

Campuran kaya antioksidan yang ditemukan dalam teh dandelion, termasuk flavonoid, senyawa fenolik, dan seskuiterpen dapat membantu tubuh menghilangkan radikal bebas dan meminimalkan stres oksidatif, yang merupakan penyebab utama penyakit kronis, termasuk kanker. Dengan menetralkan radikal bebas ini, teh ini bisa membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Membangun Tulang yang Kuat

Teh dandelion juga memiliki sejumlah mineral penting, termasuk kalsium, seng, besi, dan magnesium, yang kesemuanya dibutuhkan tubuh untuk menciptakan tulang yang kuat dan mencegah timbulnya osteoporosis. Seiring bertambahnya usia, kepadatan mineral tulang mulai berkurang, menyebabkan tulang dan sendi melemah, ketidakmampuan untuk melakukan aktivitas fisik tertentu dan kualitas hidup yang lebih rendah. Suplemen mineral konstan sangat penting untuk membuat Anda merasa muda dan bugar secara fisik seiring bertambahnya usia.

Meningkatkan Sirkulasi

Salah satu mineral terpenting di tubuh kita adalah zat besi, dan ini memiliki sejumlah keperluan penting. Terutama, dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah, dan kita mulai menderita anemia, ditandai dengan kelemahan, masalah kognitif, dan kelelahan. Besi yang ditemukan dalam teh dandelion dapat mencegah kondisi ini dan memperbaiki sirkulasi, memastikan bahwa berbagai bagian tubuh benar-benar beroksigen untuk fungsi maksimal.

Saldo Gula Darah

Bagi orang yang menderita diabetes, menjaga kadar gula darah yang stabil sangat penting untuk hidup sehat. Teh dandelion telah menunjukkan kemampuan untuk mengatur kadar gula darah dan mencegah lonjakan dan tetes yang bisa sangat berbahaya. Penelitian tentang efek ini terbatas, namun hasil awal sangat menggembirakan bagi mereka yang mencoba mengelola gejala diabetes.