Nasib Mie Samyang yang Sudah Dapat Sertifikasi Halal

Nasib Mie Samyang yang Sudah Dapat Sertifikasi Halal

Mis Samyang asal Korea dengan rasa Hot Chicken Ramen tersusun rapi di rak swalayan mal daerah Semanggi, Setiabudi, Jakarta, Minggu (9/7/2017).

Produk mie instan yang memiliki rasa khas pedas tersebut sempat mencuri perhatian masyarakat Indonesia sampai-sampai Mie Samyang tersebut sempat menawarkan satu paket mi instan berisi lima bungkus mie dengan potongan harga yang cukup banyak.

Tapi, ada surat yang menyita perhatian berada di atas papan harga. Surat tersebut berisi keterangan resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (B-POM) RI mengenai persetujuan pendaftaran pangan olahan untuk produk yang diimpor langsung oleh PT Korinus itu.

Sebelumnya, PT Korinus tersebut menegaskan bahwa Samyang berasa Hot Chicken Ramen dan Cheese Hot Chicken Ramen yang diimpor langsung itu sudah mendapatkan label halal dari Korea Muslim Federation (KMF).

Kini, PT Korinus masih mengeuri sertifikat halal ke Majelis Ulama Indonesia (MUI). Tidak cuma itu saja, produk Samyang berasa Hot Chicken Ramen dan Cheese Hot Chicken Ramen itu juga telah beradas luas di masyarakat karena sudah mendapatkan izin jual dari BPOM beberapa waktu lalu.

Meski begitu, empat produk mie instan asal Korea yang ditaruk karena diduga mengandung minyak babi pada beberapa waktu lalu ternyata mampu memengaruhi masyarakat terhadap mie samyang halal yang diimpor langsung dari PT Korinus itu.

Sebelumnya, PT Koin Bumi menyatakan bahwa empat jenis mie samyang mengandung babi dan tidak boleh diperjual-belikan. Untuk itu langsung ditarik dari pasaran.

Produk-produk samyang tersebut ialah Ottogi, mi instan rasa kimchi, u-dong, dan shin ramyun black. Produk tersebut berbeda dengan samyang yang diimpor dari PT Korinus.

Untuk saat ini harga mie samyang di indomaret masih stagnan berada di angka puluhan ribu rupiah per bungkusnya.