Tanda Tanda Persalinan Sudah Dekat yang Perlu Ibu Ketahui Sebelum Berakibat Fatal

Kelahiran seorang bayi adalah suatu momen yang ditunggu oleh semua orangtua.

Kelahiran seorang bayi merupakan suatu klimaks dari penantian panjang, kurang lebih 40 minggu lamanya.

Ketika Anda mengetahui tanda tanda melahirkan sudah dekat, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan baik dari mental Anda sendiri maupun kebutuhan fisik yang nantinya dibutuhkan saat persalinan berlangsung. Banyak yang berpendapat bahwa melahirkan bukanlah hal yang mudah oleh karena itu, Anda perlu menguatkan diri Anda dan yakin dapat melewati masa tersebut.

Meskipun tanda tanda adanya kelahiran setiap orang berbeda, setidaknya Anda cukup waspada pada minggu-minggu terakhir kehamilan. Karena tanda tanda persalinan yang terlambat diketahui dapat mempengaruhi kesehatan bayi.

Tanda tanda persalinan sudah dekat dapat Anda ketahui dengan memperhatikan kondisi fisik diri sendiri. Di minggu-minggu terakhir kelahiran, biasanya ibu akan merasakan nyeri yang tak terhindarkan di bagian punggung layaknya kram saat masa pra menstruasi.

Tanda Tanda Persalinan Sudah Dekat yang Perlu Ibu Ketahui Sebelum Berakibat Fatal

Selain itu, Anda akan merasakan ingin buang air kecil terus-menerus. Turunnya posisi bayi ke bagian tulang panggul akan membuat posisi rahim menyandar kantong kemih, pada saat itu Anda akan mengalami buang air kecil dengan frekuensi lebih banyak.

Untuk segi emosional sendiri, ibu yang akan melahirkan biasanya mengalami kondisi emosi yang berubah-ubah layaknya moody pada masa pra mentruasi. Terkadang ibu lebih suka marah-marah dan mencemaskan suatu hal tanpa sebab.

Terkadang Anda akan mengalami kontraksi palsu (Braxton Hicks). Pada fase ini perut Anda akan mengencang untuk beberapa saat kemudian kontraksi tersebut akan hilang.

Kontraksi ini hanya berlangsung beberapa menit. Tanda tanda persalinan sudah dekat dapat diketahui dari pecahnya air ketuban.

Tanda ini sangat mudah untuk diketahui, namun tak jarang ada ibu yang tidak menyadarinya hingga bayi yang ada di kandungannya pun kekurangan cairan. Kekurangpekaan tersebut menyebabkan bayi mudah terserang infeksi ketika sudah lahir.

Pecahnya air ketuban akan diikuti kontraksi sungguhan. Namun tak jarang ada yang merasakan kontraksi kemudian diikuti pecahnya ketuban. Ketika air ketuban sudah pecah, maka persalinan akan berlangsung setelahnya.

Ketika fase melahirkan usai dilewati, bukan hanya bayi yang akan memulai kehidupan baru. Namun Anda sebagai orangtua juga akan memulai kehidupan baru bersama buah hati.

Bagi orangtua yang baru pertama kali memiliki buah hati merasa bingung dalam merawat bayi adalah hal yang biasa. Anda akan dipusingkan mengenai pakaian, popok, susu, dan nutrisi seperti apa yang cocok untuk bayi Anda. Wyeth Parenting Club dapat menolong Anda dalam mengatasi masalah-masalah itu.

Komunitas ini sangat mudah dijangkau karena diakses secara online. Anda dapat sharing dengan para ahli dan orangtua lain.

Tidak hanya kebutuhan anak, mengenai tanda tanda persalinan sudah dekat pun dapat Anda konsultasikan.