Tips Aman Belanja Online Agar Tidak Tertipu 2017

tips hindari penipuan onlineDiartikel yang akan saya bahas kali ini, saya akan membahas bagaimana membeli barang yang sudah anda inginkan lewat online, tips aman belanja online agar anda tidak tertipu di tahun sekarang ini yaitu tahun 2017 , artikel ini saya tulis agar anda tidak kecewa terhadap jasa online kedepannya. bagi anda yang sudah pernah tertipu lewat belanja online tentunya anda pasti ragu untuk membeli barang online lagi, ditambah dengan media berita yang memberikan informasi jika banyak korban penipuan online shop.

Untuk itu mudah-mudahan artikel yang saya buat ini tentang tips belanja online aman bisa membantu anda untuk kedepannya, berikut ada beberapa tips yang perlu anda ingat jika memang sering lupa boleh di simpan link website ini, beberapa hal yang harus anda ketahui dalam belanja online :

1. Jangan Percaya Dengan Harga Murah
Harga murah serta kualitas bagus adalah salah satu promo yang sering di ajukan oleh sipenipu untuk menarik daya pembeli, sebagai contoh anda mendapatkan informasi bahwa harga iphone 7 sekarang ini dipasaran adalah 10 jutaan, maka sipenipu akan menawarkan dengan harga 5 juta saja kemudian dia akan menjelaskan bahwa iphone tersebut adalah asli, masalah harga bisa murah dia akan memberikan berbagai alasan seperti barang iphone tersebut tidak lewat beacukai dan sebagainya, sehingga anda bisa percaya dengan mudahnya mentransfer dana kepada sipenipu.

Secara logika dan akal sehat coba anda pikirkan dimana-mana penjual hape tidak bisa mengambil untung 50% dari harga jual.jika memang harga lebih murah 100-200 ribu itu wajar,namum apabila harga lebih murah 50% di banding harga normal ,itu perlu di curigai.

2. Belanja Lewat Website Jual Beli Online Terpercaya
tips yang kedua ini pernah saya lakukkan di website buka lapak dikarena hanya iseng saya mencari sebuah barang dengan harga 65 ribu, dan ternyata tidak ada masalah, jadi jika memang anda takut anda boleh mencoba dengan membeli barang dengan harga minim dulu, atau anda bisa membeli barang di lazada dan masih banyak lagi website jual beli online sekarang ini yang bisa anda
percayai, sebelum anda membeli online di website online terpercaya anda bisa direcek komentar yang biasa dicantumkan oleh pembeli untuk lebih aman, jika banyak pembeli yang kecewa maka cari di website sebelah daripada anda menjadi korban selanjutnya.

Kemudian jika anda membeli di website seperti lazada anda diharuskan mengikuti peraturan dari lazada mengapa? dikarenakan lebih aman daripada anda mengklik link yang diberikan oleh penjual, jangan sekali kali anda melakukkan transaksi dari pihak website jual beli terpercaya seperti lazada atau bukalapak.

Pernah kejadian tentang akun anda dicuri lewat link yang dikirim oleh si penjual kepada anda, awalnya sipenjual mengirimkan berupa link ke email anda dengan menuliskan promo bonus atau apalah agar anda mengklik link tersebut, setelah anda klik maka akun anda akan di curi , hal ini sudah terjadi ke beberapa pembeli hp murah di tokopedia. jadi hal tersebut terjadi bukan atas
kesalahan dari tokopedia tetapi melainkan dari pembeli yang membuka link email dari si penjual,jika anda tidak sembarang klik link dari email si penjual,hal ini tidak akan terjadi.

3. Catat Nomor Telepon si Penjual dan nomor accountnya
Tips belanja online aman ketiga ini anda wajib periksa nomor telepon dan nomor account penjual memakai mesin pencari google, ketik nomor telepon ataupun nomor rekening bank`sipenjual di google, sebagai contoh = 087881238999

Dengan cara ini, hasil pencarian situs ternama google akan timbul semua yang berhubungan dengan nomor telepon dan nomor rekening yang anda cari, bila penjual memiliki catatan penipuan, maka nama telepon ataupun nomor rekening mereka akan timbul di bermacam web yang membahas kecurangan online jika memang tidak ada baru anda boleh membeli barang online.

4. Kenali Produknya Yang Ingin Anda Beli
Bila Anda mau berhasil membeli produk, Anda harus terlebih dahulu melihat-lihat tentang produk yang akan Anda beli, seperti dari mulai harga kualitas serta produk asli atau tidak, kemudian juga anda harus bertanya panjang lebar tentang produk yang akan anda beli dan apa yang disertakan oleh produk bila Anda membelinya (kelengkapan). tidak hanya itu, agar Anda bisa mencocokkan produk yang dijual sesuai ataupun tidak (harga, photo produk, kelengkapan) dengan iklan yang diberikan oleh penjual.

5. COD (Cash On Demand) Bertemu Dengan penjual
Singkatan kerap dipakai oleh Kaskuser saat pembeli mau berhasil berjumpa dengan penjual. Jadi COD ini merupakan kegiatan transaksi langsung di suatu tempat antara pembeli dan penjual. Cara ini merupakan cara teraman sebagai tindak penipuan saat berbelanja online. bila penjual tidak bisa ataupun tidak ingin diajak COD, maka Anda harus curiga bila penjual itu melaksanakan penipuan.

6. Rekber (Rekening Bersama)
Rekber merupakan salah satu layanan sebagai perantara pembeli dan penjual. Jadi dengan rekber, kecurangan bisa diminimalisir. Karena dengan rekber, duit yang ditransfer melalui rekber tidak akan langsung masuk ke rekening si penjual sampai barang yang kita beli diterima. Karena itu, Anda harus memakai rekber sebagai melaksanakan transaksi online, tetapi juga mencari layanan rekber yang andal dan berkualitas.

7. Kenali Penjual
Disini perlu ada sedikit keahlian kepo (mengenali setiap hal partikel). Sebelum membeli produk, ada baiknya bila kita mengenali asal mula penjual. gimana penjualan barang, web, testimonialnya, reputasi dll. Apalagi kalau si penjual masih newbie ataupun yang tidak memiliki reputasi/testimonial, hendaknya anda lebih berhati-hati, karena informasinya pasti sangat susah ditemui.

8. Simpan Bukti Pembayaran,lewat Email dan SMS
Sebagai gantinya, sehabis Anda melaksanakan transfer duit, simpan bukti pembayaran beserta email dan SMS antara Anda dan penjual. Jadi, bila terjadi sesuatu yang tidak di inginkan (tertipu), maka Anda bisa melaporkan kejadian tersebut serta memberikan bukti kepada polisi (polisi) untuk penanggulangan masalah yang terjadi jika anda ditipu.

Sekian dari tips tips yang saya share kepada anda yang suka membeli barang online terutama anda yang membeli barang online melalui facebook atau instragam, mudah2an kedepan anda bisa terhindar dari online shop yang hanya bermodal koneksi internet saja.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *