Tips Merawat Sepatu Berdasarkan Bahannya

Sepatu merupakan alas kaki yang hampir setiap hari dipakai oleh manusia terutama orang-orang yang bekerja baik di lingkungan kantor, sekolah, atau di lapangan sekalipun. Perawatan sepatu yang baik tentu akan membuat sepatu tetap dalam kondisi prima dan awet. Perawatan sepatu mutlak diperlukan untuk menjamin sepatu anda dalam kondisi siap pakai jika diperlukan.

Untuk kali ini kita akan menampilkan tips mengenai merawat sepatu berdasarkan bahannya. Ada beberapa bahan sepatu yang akan kami tampilkan kali ini yakni sepatu dengan bahan kulit, sepatu berbahan suede, sepatu berbahan sintetis dan sepatu berbahan canvas. OK, langsung saja kita mulai pembahasannya.

tips-merawat-sepatu
Tips merawat sepatu berdasarkan bahannya (Sumber : pixabay.com)

Merawat sepatu berbahan kulit

Sepatu kulit merupakan sepatu yang paling banyak penggemarnya, khususnya bagi para pekerja kantoran maupun para eksekutif. Disamping kualitasnya yang mumpuni dan tahan lama, sepatu kulit juga dianggap mampu memberikan kepercayaan diri kepada pemakainya.

Sepatu kulit akan tampak indah dan mengkilap jika bisa menjaganya dari kotoran debu dan jamur. Anda bisa merawat sepatu kulit dengan menggunakan kain yang lembab, namun tidak terlalu basah untuk membersihkan permukaan sepatu. Supaya warna pada sepatu kulit tetap mengkilap dan tidak kusam, anda dapat menggosoknya dengan sikat lembut menggunakan semir atau petroleum jelly.

Merawat sepatu berbahan suede

Pada saat ini, sepatu dengan bahan dasar suede sudah banyak beredar di pasaran. Bahan sejenis beludru ini biasanya menjadi favorit untuk pembuatan sepatu boots wanita dan sepatu casual wanita dan pria.

Untuk merawat sepatu berbahan suede, anda bisa memakai suede protector sebagai pelindung dari debu dan kotoran. Semprotkan suede protector secara rutin ketika anda akan memakainya. Ketika sepatu suede sudah selesai digunakan, simpanlah sepatu suede jauh dari bahan kimia yang dapat merusak warna sepatu anda. Bila sepatu suede terkena noda ringan, anda dapat menggunakan karet penghapus khusus suede untuk menghilangkan noda tersebut. Grosir sepatu cibaduyut online.

Merawat sepatu berbahan sintetis

Saat ini bahan sepatu dengan menggunakan bahan sintetis  sebagai bahan utama pembuatan sepatiu terutama sepatu wanita. Bahan sintetis banyak digunakan karena harganya terbilang cukup murah. Hampir sama dengan sepatu kulit, perawatan sepatu sintetis juga memerlukan perawatan secara khusus.

Sepatu berbahan sintetis tidak tahan terhadap air, mudah pecah-pecah dan cukup rapuh. Untuk merawat sepatu sintetis, anda memerlukan sikat dan lap yang agak basah. Hindari mencuci langsung dengan deterjen dan air karena bisa membuat bahan ini menjadi cepat rapuh. Masukkanlah silica gel ke dalam kota sepatu jika anda ingin menyimpannya.

Merawat sepatu berbahan canvas

Sepatu berbahan canvas atau biasa disebut sebagai sepatu sneakers merupakan jenis sepatu yang sangat mudah dalam perawatannya. Anda dapat mencuci sepatu canvas dengan menggunakan sabun lembut seperti shampo dengan disikat memakai sikat berbulu halus. Jangan menjemur sepatu dibawah sinar matahari langsung karena akan menyebabkan warna sepatu menjadi cepat pudar.

Itulah tips merawat sepatu berdasarkan bahannya dalam hal ini sepatu dengan bahan kulit, suede, sintetis dan canvas. Apabila anda merasa bahwa artikel ini bermanfaat bagi anda dan orang lain, maka silahkan anda share artikel ini ke media sosial agar orang lain bisa mengambil manfaatnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *